Minggu, 22 September 2013

JALUR PASAR BESAR KUALA KAPUAS DIUSULKAN SATU ARAH



UNTUK mengantisipasi ke­ma­cetan di ka­wasan Pasar Be­sar Kuala Ka­puas, banyak kalangan berharap agar la­lu lintas kendaraan di jalur itu dijadikan satu arah.
Selama ini, arus lalu lintas kendaraan datang dari se­mua penjuru sehingga ter­jadi kesemrawutan. Ken­da­raan bermotor, becak, bah­kan gerobak saling ber­de­sakan. Ditambah lagi de­ngan kepadatan pejalan ka­ki dan pedagang ka­ki lima.
Selain untuk tertibnya arus lalu lintas, dengan di­buat satu arah para pedagang kaki lima yang rom­bong­nya menjorok ke jalan da­pat dilakukan penertib­an. Ini tentunya menjadi tu­gas Satuan Polisi Pamong Pra­ja (Satpol PP) Kabupaten Ka­puas.
Kepala Satpol PP Kapuas Yan Miler mengaku sepakat ji­ka lalu lintas di kawasan pa­sar besar dibuat satu arah. Misalnya dari arah fe­ri penyeberangan atau Ja­lan Mawar langsung lurus ke arah rumah jabatan bu­pati. Kemudian jalur dari arah Jalan Melati, dilarang ber­belok ke kiri, tetapi langsung ke kanan.
“Dengan pola satu arah ini kita dapat mengurai arus ken­daraan yang memadati ka­wasan pasar. Selain itu, me­mudahkan kita untuk me­lakukan penertiban pe­da­gang kaki lima,” ucapnya.
Menurut dia, dalam waktu dekat Satpol PP akan me­lakukan koordinasi deng­an Dinas Perhubungan dan Sa­tuan Lalu Lintas Polres Kapuas untuk membi­ca­rakan kemungkinan aturan itu.
“Untuk melakukan pener­tib­an pedagang kaki lima, ki­ta tidak bisa sendiri, tetapi be­kerja sama dengan instan­si terkait.”

http://www.borneonews.co.id/kalteng/murung-raya/4748-jalur-pasar-be-sar-kuala-ka-puas-diusulkan-satu-arah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar